Sudah mendengar mengenai Kartu Prakerja, namun masih ragu untuk mencoba mendaftar? Wah, sayang banget nih Pintarian. Dengan kondisi dunia dan Indonesia saat ini, program Kartu Prakerja bisa menjadi kesempatan besar bagi kamu yang terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Apalagi jika kamu mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK, yang pastinya menjadi momen mimpi buruk di kondisi seperti saat ini.

Maka dari itu, bila kamu terkena dampaknya. Segera daftarkan diri untuk menjadi calon penerima program Kartu Prakerja di resmi www.prakerja.go.id

Dan untuk lebih meyakinkan kamu, berikut beberapa manfaat dan keuntungan, jika berhasil menerima kesempatan untuk menjadi bagian program Kartu Prakerja. Berikut beberapa diantaranya:

Pelatihan yang Mudah dan Fleksibel

Kartu Prakerja merupakan program yang dibuat pemerintah guna meningkatkan skill para pencari kerja di Indonesia. Tujuannya tentu untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta perekonomian tenaga kerja. Dengan mendaftarkan diri pada program baru pemerintah ini, peserta nantinya akan mengikuti pelatihan gratis sesuai dengan minat yang diinginkan masing-masing.

Pada saat mendaftarkan diri, peserta akan mendapatkan unique id senilai Rp1 juta per orang yang siap digunakan untuk mengakses pelatihan. Peserta pun dapat memilih lebih dari satu pelatihan asalkan tidak melebihi Rp1 juta per orang. Akan tetapi, peserta tidak diwajibkan untuk menghabiskan jatah pelatihan senilai Rp1 juta tersebut. Artinya peserta boleh memilih satu pelatihan saja tanpa menghabiskan jatah pelatihan tersebut.

Cara mendaftarkan diri pun dapat dilakukan dengan mudah. Peserta cukup melakukan registrasi melalui website resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Kemudian, peserta dapat mengisi data diri pada website tersebut dan menunggu persetujujuan dari pihak penyelenggara. Jika disetujui, barulah peserta akan mendapatkan unique id tersebut dan dapat mendaftarkan diri pada pelatihan di platform mitra resmi pemerintah. Pelatihan pun dapat dilakukan peserta secara online sehingga dapat dilakukan secara fleksibel.

Dapat Diikuti Oleh Berbagai Kalangan

Syarat untuk mengikuti Kartu Prakerja ini adalah WNI berusia minimal 18 tahun, tidak sedang menjalani studi baik sekolah maupun kuliah, dan diutamakan pekerja yang terkena imbas ekonomi akibat COVID-19. Selain itu, tidak ada batasan usia dalam mengikuti program baru pemerintah ini. Dikarenakan pelatihan ini bersifat online maka masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia pun dapat mengikuti program ini. Kartu Prakerja pun bukan hanya bisa diikuti oleh WNI yang ada di Indonesia saja. Melainkan, WNI yang sedang bekerja di luar negeri juga dapat mendaftarkan diri.

Masyarakat yang putus sekolah atau tidak lulus SMA juga bisa mengikuti program ini. Tidak hanya itu saja, bagi masyarakat yang merupakan pekerja lepas (freelance) atau pemagang boleh ikut serta dalam program ini. Pada tahun 2020 ini, pemerintah menargetkan sebanyak 2 juta pencari kerja di Indonesia dapat mengikuti program ini. Oleh karena itu, manfaatkanlah program Kartu Prakerja ini untuk mengasah maupun menambah skill yang dimiliki. Sehingga kemampuanmu bisa bertambah dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun lebih luas.

Mendapatkan Sertifikat Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan dari program Kartu Prakerja ini, kamu akan mendapatkan sertifikat. Tentunya sertifikat ini akan sangat berguna bagi para pencari kerja. Sertifikat pelatihan ini dapat kamu cantumkan sebagai portofolio saat melamar kerja. Tidak hanya itu saja, sertifikat ini pun juga menunjukkan bahwa kamu sudah mengikuti pelatihan dan memiliki skill yang telah terasah di bidang tersebut. Sehingga sertifikat ini dapat menjadi nilai plus dirimu. Sertifikat ini nantinya akan dikirimkan via email kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan.

Mendapatkan Insentif Dari Pemerintah

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari program ini adalah insentif dari pemerintah. Ini adalah kesempatanmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari program Kartu Pra kerja ini. Setelah mengikuti pelatihan dan memberikan ulasan terkait pelatihan yang diikuti, kamu akan mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu. Insentif ini nantinya akan dikirimkan melalui e-wallet maupun rekening Bank BNI yang telah dimasukkan peserta pada saat registrasi. Durasi minimum insentif yang dapat cair adalah jika peserta menyelesaikan minimal 4 jam pelatihan. Insentif pun dapat digunakan oleh peserta untuk kebutuhan sehari-hari tanpa adanya ketentuan khusus.

Dapatkan Kelebihan Lainnya Dari Pintaria

Sebagai salah satu platform mitra resmi Kartu Prakerja, Pintaria pun memiliki berbagai kelebihan yang bisa dinikmati oleh peserta. Berbeda dari platform lainnya, Pintaria lebih terfokus pada program pendidikan dan pelatihan. Sehingga peserta lebih mudah menemukan dan memilih pelatihan sesuai dengan minat masing-masing. Selain itu, Pintaria pun membantu mencarikan program yang sesuai untuk peserta melalui tes psikometrik. Pintaria pun menyediakan informasi lowongan pekerjaan sehingga peserta lebih mudah untuk mencari pekerjaan.

Untuk mendaftarkan diri di Pintaria, peserta bisa melakukan registrasi di pintaria.com/kartuprakerja. Selanjutnya, peserta dapat memilih pelatihan yang diinginkan. Kemudian, peserta dapat memasukkan data diri atau melakukan sign up jika belum memiliki akun Pintaria. Setelah itu, masukkan nomor ID Kartu Prakerja pada laman pembelian dan kelas pun dapat di akses di menu “Kelas Saya”.