5 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Masa-masa SMA biasanya dipenuhi dengan kesibukan untuk mempersiapkan dunia perkuliahan. Setiap orang harus merencanakan jurusan apa yang akan diambil dengan matang, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Pada dasarnya, setiap jurusan kuliah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal utama yang penting untuk diingat adalah niat belajar yang tinggi.

Namun, tentunya yang jadi pertimbangan adalah seberapa pentingkah ilmu yang didapat dan cara mengaplikasikannya di dunia kerja. Kedua hal ini menjadi faktor penentu bagi kamu saat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Tidak perlu bingung, Pintarian! Ini dia 5 jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang bisa jadi pertimbangan untukmu menentukan jurusan dan kampus terbaik.

 Akuntansi

Jika berbicara mengenai jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja, jurusan Akuntansi tidak boleh ketinggalan. Setiap tahunnya, ada ribuan mahasiswa baru di jurusan ini, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bagi kamu yang suka bidang Matematika atau hitung-menghitung, Akuntansi menjadi jurusan yang menjanjikan.

Coba bayangkan, bisnis seperti apa yang tidak membutuhkan laporan dan manajemen keuangan? Tentu saja tidak ada, kelangsungan sebuah bisnis bergantung sepenuhnya pada keuangan perusahaan. Seorang akuntan bertanggung jawab untuk mencatat, merencanakan, mengatur, dan menganalisis arus keuangan perusahaan. Pekerjaan akuntan juga masih menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia dan seluruh dunia.

Teknik Informatika

Semakin berkembangnya teknologi disertai luasnya akses jaringan internet menjadikan jurusan Teknik Informatika sebagai salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Hampir di setiap perusahaan selalu ada divisi IT yang mengurus serta memonitor urusan cyber, seperti data komputer, website, dan lainnya.

Tidak hanya menjanjikan, gaji pekerjaan dari jurusan Teknik Informatika juga diatas rata-rata, bahkan untuk ukuran lulusan baru. Hal ini dikarenakan skill dan kompetensi dari lulusan jurusan ini cukup kompleks dan pekerjaannya tidak mudah. Belum lagi jika ada ancaman kriminal berbasis cyber, tenaga IT sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keamanan dan mencegah terjadinya kebobolan data.

Baca juga: Apa Kriteria CV yang Baik dan Benar?

Hukum

Bukan menjadi rahasia kalau pendapatan seorang pengacara begitu tinggi, sebut saja beberapa nama pengacara kondang di Indonesia yang memiliki kekayaan besar. Maka dari itu, jurusan Hukum menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja, mengingat setiap aktivitas bisnis yang ada di Indonesia diatur dan disesuaikan dengan hukum yang berlaku.

Para lulusan jurusan hukum bisa bekerja di pemerintahan, firma pengacara, atau perusahaan komersial. Saat belajar di jurusan Hukum, kamu akan mendalami teori serta praktek hukum di Indonesia. Jenjang karir dari lulusan jurusan Hukum juga menjanjikan, kamu bisa mendirikan firma hukum sendiri atas namamu.

Komunikasi

Seringkali dipandang sebelah mata, nyatanya jurusan Komunikasi memiliki banyak peminat. Prospek karir yang begitu luas menjadi daya tarik jurusan yang satu ini. Kamu akan belajar tentang teori-teori komunikasi yang efektif serta mempraktekkannya secara masif. Contohnya seperti belajar tentang pers, media komunikasi, periklanan, dan lainnya.

Lantas, pekerjaan seperti apa yang bisa dijalankan oleh lulusan jurusan Komunikasi? Profesi paling umum adalah di bagian Marketing Communication sebuah perusahaan. Tidak hanya perusahaan swasta, kamu juga bisa bekerja di badan pemerintah. Hal ini mengingat setiap perusahaan dan badan membutuhkan tenaga kerja yang dapat menjalin relasi baik dengan pers serta publik.

Manajemen

Sebuah perusahaan akan terbengkalai jika tidak memiliki manajemen yang mumpuni. Oleh sebab itu, jurusan Manajemen menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Kamu akan belajar lebih banyak mengenai strategi, teori, serta manajemen bisnis yang efektif untuk mendatangkan laba besar.

Untuk masalah prospek pekerjaan, tidak perlu diragukan. Hampir seluruh perusahaan membutuhkan lulusan Manajemen yang mumpuni untuk kelangsungan operasional bisnis. Selain itu, ilmu yang kamu dapatkan dari berkuliah di jurusan Manajemen juga bisa menjadi bekal untukmu di masa depan apabila ingin merintis bisnis sendiri. Sangat menarik, bukan?

Setelah mengetahui 5 jurusan kuliah yang menjanjikan dan paling dibutuhkan di dunia kerja di atas, sudahkah kamu mantap untuk menentukan pilihan? Jika kamu masih bingung, mungkin saja karena masih belum menemukan kampus yang tepat. Nah, kamu bisa berkuliah secara online dengan Pintaria yang memiliki kelima jurusan di atas. Resmi dan kredibel, Pintaria sudah bekerja sama dengan berbagai universitas top di Indonesia. Tunggu apa lagi, cek di sini sekarang juga!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.