Dalam menjalani hidup, kamu pasti akan menemukan berbagai kendala yang bisa membuatmu down. Beruntung bagi kamu yang memiliki kerabat dan orang tua yang selalu mendukungmu dalam berbagai hal.

Tapi lain hal dengan pertemanan. Dengan keberagaman karakter dan juga kehidupan pertemanan bisa membawa kamu ke dua arah yang berbeda, Positif atau bahkan negatif. Dan bahayanya, pertemanan negatif tampak mirip dengan positif jika kamu tidak memahaminya lebih dalam, karena sudah merasa nyaman dengan persahabatan yang sudah kamu bangun.

Maka dari itu Pintarian, dengan pengaruh yang kuat pertemanan terhadap cara pandang dan gaya hidup kamu. Maka ada baiknya, kamu mulai lebih selektif mencari teman dekat.

Pintaria punya beberapa tips nih, karakter teman yang bisa membuatmu sukses:

Teman Curhat  

Dengan segala masalah yang kamu hadapi, kamu membutuhkan tempat berkeluh kesah dan berbagi. Dan menjadi sosok yang penting terhadap kesehatan mental kamu. Karena bersama teman dekat atau teman curhat, kamu bisa menjadi diri sendiri dan menikmati segala aktivitas yang seru bersama agar lebih tenang dan tidak stres.

Teman Pengkritik

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, teman yang memberikan kritik kepada kamu. Merupakan teman yang bisa membantumu memperbaiki kesalahan yang pernah kamu lakukan. Baik di dunia kerja, kuliah, kursus, dan blended learning.

Tapi pastikan kamu bisa membedakan antara kritikan dan hinaan. Teman yang memberikan kritik, memiliki alasan logis dan punya solusi agar kamu survive Tapi lain halnya bila teman tersebut justru menyindir atau menghina, yang justru akan membuatmu tidak berkembang dan pesimis.

Baca juga: Cara Instan Membangkitkan Mood Belajar

Teman Penyemangat

Saat kamu mulai tidak yakin dengan apa yang kamu lakukan, teman penyemangat merupakan sosok yang kamu butuhkan, karena kehadirannya bisa menjauhkan kamu dari sifat negatif, seperti putus asa, mengeluh, hingga menyalahkan diri sendiri dan orang lain.

Teman Kompetitif

Jangan anggap teman seperti ini sebagai musuh yang harus dikalahkan. Tapi lebih kepada motivasi untuk bisa bersaing memberikan yang terbaik. Dengan begitu kamu selalu terpacu untuk melatih, belajar, dan berusaha keras dengan apa yang kamu lakukan.

Teman Kreatif

Teman kreatif selalu punya cara untuk melihat peluang bisnis. Dan bukan tidak mungkin tercetus sebuah ide besar untuk membangun sebuah usaha, sehingga kamu bisa bekerja bersama. Atau setidaknya mendapatkan inspirasi dan masukan untuk juga menjadi pribadi yang kreatif.