5 Hal yang Menyebabkan Karir Kamu Mandek

Karier mandek atau statis memang memiliki banyak faktor. Secara umum, banyak berpikir bahwa mereka yang karirnya tidak maju adalah mereka yang malas atau pembangkang. Ternyata bukan hanya itu saja permasalahannya. 

Berikut adalah beberapa kesalahan lain yang menyebabkan karier kamu berjalan di tempat:

Menolak Perubahan

Selama dunia berputar maka selalu ada perubahan dan perkembangan yang ada. Jika merasa selalu ada yang salah dalam pekerjaan atau merasa tidak ada perkembangan dalam karir, komplain dengan situasi yang ada tidak akan membawa perubahan apapun. Oleh karena itu jangan menolak ide, metode, dan teknologi baru. Bisa-bisa kamu ketinggalan jaman.

Mementingkan Diri Sendiri

Seorang karyawan yang bekerja di suatu organisasi tentunya melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Namun, ketika seseorang terlalu mementingkan diri sendiri dan menjadi “one man show” tanpa mempedulikan orang lain, kamu bisa dilihat sebagai orang yang arogan, narsis, egois, dan bukan seorang team player. Kamu tidak bisa melakukan semuanya sendiri.

Terlalu Sibuk

Apakah pekerjaan menyita semua waktu kamu, bahkan jam istirahat sehingga kamu tidak memikirkan hal lain selain pekerjaan? Kalau kamu terlalu memforsir diri pada pekerjaan, bukannya maju, karir kamu malah bisa mandek. Hal ini disebabkan karena kamu jadi lupa untuk berinvestasi ke diri sendiri untuk berkembang dan membekali diri sendiri pula. Walaupun bekerja keras, kamu juga perlu ingat untuk mengasah kemampuan dan menambah kemampuan lain yang dapat meningkatkan karir kamu ke level selanjutnya.

Baca juga: Pentingnya Berpikir Positif dalam Pekerjaan

Cepat Puas

Kamu boleh puas karena bisa menyelesaikan satu proyek misalnya. Namun jangan sampai keadaan tersebut membuat kamu terlena. Karena bagaimanapun juga, tugas yang lain dan mungkin lebih besar siap menunggu kamu. Apa pun prestasi yang sudah kamu capai, jangan cepat puas. Merayakan keberhasilan tidak dilarang, namun ketika kamu terlalu berlebihan, maka akan menjadi masalah pada karir kamu.

Kebiasaan Berpikir Negatif

Seorang SDM Manajer dan penulis buku The People Manager”s ToolKit, Karen Gately, menjelaskan, karyawan harus berhenti mengeluh atas tanggung jawab yang diberikan. Ingat, perusahaan mempekerjakan kamu untuk membantu dan memudahkan pekerjaan atasan dan tim kerja.

Karyawan yang selalu mengeluh dan protes tanpa alasan jelas membuat perusahaan akan menilainya sebagai sumber masalah. Sikap yang seperti ini tidak merugikan masa depan kamu. Lakukan introspeksi diri dan mulai belajar untuk menerima sekaligus menyelesaikan rintangan yang menghambat pekerjaan kamu. 

Ingat Pintarian, mengalami perjalanan karir yang statis. Memang tidak menyenangkan, waktu yang digunakan untuk bekerja terlihat terbuang sia-sia.

Akan tetapi dengan melihat beberapa kesalahan yang telah dijelaskan sebelumnya. Diharapkan kamu bisa memahami dengan apa yang kamu jalani selama ini, karena bisa jadi pemahaman akan menjalani tanggung jawab pekerjaan yang  kamu rasa baik, memiliki persepsi yang berbeda di mata atasan, rekan kerja, dan perusahaan.

Maka dari itu, sebelum terlambat dan berdampak buruk pada karir kamu. Kini saatnya kamu melakukan perubahan cepat dan nyata. Agar kesempatan untuk bisa meraih karir yang dari statis dapat berubah menjadi dinamis.

Membuka mata atasan dan perusahaan, untuk kelak bisa memberikan kamu kesempatan kedua meraih posisi dan karir yang kamu inginkan.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.