Bagi kamu yang sudah lulus SMA dan sudah memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, pastinya harus memilih kampus yang ingin kamu masuki. Selain itu, hal lain yang juga penting untuk kamu pertimbangkan adalah jurusan yang ingin kamu ambil. Tidak sedikit mahasiswa yang merasa dirinya salah mengambil jurusan. Hasilnya, mereka pun tidak merasa enjoy saat melalui rutinitas sehari-hari di kampus. Nah, supaya kamu tidak salah jurusan, Pintaria punya beberapa tips untukmu. Yuk simak 5 tipsnya berikut ini!

Kenali Potensi Diri

Sebelum menentukan jurusan apa yang akan kamu ambil, kenali terlebih dulu potensi apa yang kamu miliki. Misalnya saja kamu memiliki potensi di bidang bahasa asing dan sastra, kamu bisa memilih jurusan Sastra Inggris atau yang lainnya. Jangan hanya memilih jurusan karena memimpikan pekerjaan dengan gaji tinggi di masa depan ya Pintarian. Sebab jika jurusan yang kamu pilih sesuai dengan potensi yang dimiliki, maka aktivitas kuliah pun tidak akan terasa berat nantinya.

Baca juga: Ini Dia Tanda Kamu Sedang Mengalami Quarter Life Crisis

Lihat Peluang Kerja

Masing-masing jurusan pasti memiliki peluang kerjanya sendiri. Misalnya saja jurusan ekonomi, kamu bisa bekerja di sektor perbankan atau lain sebagainya. Jika kamu masih bingung menentukan jurusan, carilah jurusan yang sekiranya memiliki peluang kerja cukup besar. Selain itu, perhatikan juga alumni-alumni lulusan jurusan tersebut agar kamu memiliki gambaran ke depannya.

Ketahui Minat dan Hobi

Selain mengetahui potensi yang kamu punya, kamu juga harus tahu minat dan hobi yang kamu sukai. Bukan hanya sekedar tahu apa yang menarik untukmu saja lho, Pintarian. Kamu juga harus mempertimbangkan minat apa yang membuatmu merasa enjoy ketika menjalaninya. Sebab, kalau kamu memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat yang kamu sukai, kamu bisa saja akan merasa terbebani ketika menjalaninya.

Lakukan Personality Test

Cara ini mungkin tidak 100% efektif untuk membaca potensi dan karakter seseorang. Tapi, tes ini bisa kamu lakukan agar tidak bingung memilih jurusan yang tepat. Kamu bisa mengikuti test ini secara gratis melalui situs online lho! Test ini bisa membantumu mengetahui minat, nilai-nikai, karakter, skala kemampuanmu, kelebihan hingga kekuranganmu. Bukan hanya itu saja. Personality test juga bisa membantumu mengetahui bidang karir dan gaya bekerja seperti apa yang cocok denganmu.

Sesuaikan Jurusan dengan Keunggulan Universitas

Universitas dengan ranking tinggi belum tentu memiliki fakultas yang unggul. Sebab, universitas punya jurusan tertentu yang diunggulkan. Nah, hal ini juga perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan. Jika kamu sudah mempunyai pilihan universitas, pertimbangkan juga jurusan yang unggul di universitas tersebut ya, Pintarian. kamu bisa mencari tahu hasil akreditasi jurusan yang biasanya tertera pada situs universitas. Karena, kualitas lulusan juga menjadi salah satu bahan pertimbangan perusahaan ketika merekrut karyawan baru.

Bagaimana  Pintarian, sudah mulai yakin jurusan yang kamu pilih? Nah, bagaimana kalau kamu kuliah bersama Pintaria dengan deretan mitra kampus dengan akreditasi A dan B. Jurusan yang tersedia pun beragam dengan metode belajar blended learning dan E-learning. Yuk kunjungi situs Pintaria di https://pintaria.com/kuliah-online