Sebagai profesi yang sudah ada cukup lama, penyiar radio merupakan pekerjaan tergolong setia menemani penikmat dalam menyajikan beragam musik dan informasi yang bermanfaat bagi pendengar setianya.

Apalagi saat ini, ruang lingkup sebagai penyiar semakin luas dengan kehadiran tren terbaru yang lebih memudahkan kamu untuk memperlihatkan kemampuan kamu sebagai penyiar yaitu Podcast.

Lalu apakah semua orang bisa menjadi penyiar? Bisa! Tapi untuk menjadi penyiar radio dan podcast yang baik, tentu kamu harus memiliki beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan, punya, dan pelajari Pintarian. Berikut beberapa hal yang wajib untuk kamu miliki:

Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal pasti untuk menjadi penyiar radio dan podcast. Walau hanya suara kamu yang terdengar,  rasa tidak percaya diri dapat terdengar saat kamu sedang siaran. Tapi jangan takut, dengan melatih dan beradaptasi, maka persoalan percaya diri dapat segera ditanggulangi.

Selalu update Berita dan Informasi

 Sebagai seorang penyiar, kamu diwajibkan untuk selalu haus terhadap informasi, pengetahuan, dan berita terkini agar kamu saat siaran, tidak kehilangan topik pembicaraan. Sehingga pada saat kamu sedang On Air, tidak hanya dapat berkomunikasi dengan baik tapi juga bisa memberikan rangkaian informasi terbaru dan menarik bagi pendengarnya.

Baca juga: 5 Penyebab Presentasi Kamu Tidak Berjalan Secara Maksimal

Mencintai Musik

Sepertinya akan sulit menjadi penyiar radio, apabila kamu tidak menyukai musik. Mungkin bisa dilakukan untuk urusan podcast. Hal ini dikarenakan keterkaitan kuat antara penyiar dan musik yang tidak bisa dilepaskan. 

Dengan memahami dan mencintai musik saat menjadi penyiar, maka kamu akan semakin menikmati dan mencintai pekerjaan kamu nantinya.

Sikap yang Baik

Saat menjalani seorang penyiar, tentu saja kamu tidak hanya pintar dalam berbicara dan menyampaikan informasi yang menarik. Di sisi lain, sikap dan perilaku yang baik, sama pentingnya bagi seorang penyiar saat menjalani aktivitasnya. Khususnya dalam pemilihan bahasa dan informasi yang layak dan tidak saat sedang siaran.

Walau untuk podcast memang ada kecenderungan memiliki bahasa dan informasi yang lebih bebas dibandingkan radio. Akan tetapi, dengan memahami konsep, sifat, dan perilaku yang baik. Maka kamu sebagai penyiar bisa terhindar dari konflik yang tidak perlu.

Bekerja keras dan berdoa  

Dalam proses menjadi seorang penyiar profesional hingga  dikenal luas berkat kualitasnya. Tentu tidak mudah dan penuh tantangan saat ingin meraihnya. Belum lagi persaingan yang begitu ketat.

Walaupun begitu, kamu harus selalu semangat, kerja keras, dan berdoa agar harapan untuk sukses menjadi seorang penyiar ternama bisa terwujud.

Apabila saat ini kamu sedang fokus dan tertarik untuk menjadi seorang penyiar radio dan podcast. Dan ingin tahu lebih dalam mengenai hal tersebut. Pintaria punya kursus yang tepat untuk kamu. Apalagi jika kamu merupakan peserta program kartu prakerja.

 Nah di Pintaria ada kursus bernama  ahli menjadi penyiar dan berhasil membangun Podcast. Dimana melalui kursus ini, kamu akan belajar banyak hal penting untuk menjadi seorang penyiar yang handal.

Nantinya kamu akan mendapatkan materi dari pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, sehingga bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang tepat dengan kebutuhan kamu nantinya.

Selain itu, materi yang diberikan juga tergolong lengkap pintarian dan pastinya penting untuk menjadi seorang penyiar, meliputi menjadi seorang penyiar, air personality, voice technique, ADLIBS, potential benefit dari podcast, bagaimana memproduksi konten podcast, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, bagi kamu yang sudah menjadi bagian dari kartu prakerja dan belum menggunakan saldo prakerja kamu. yuk, buruan langsung mengunjungi www.Pintaria.com/kartuprakerja dan langsung pilih kelas yang kamu inginkan.