5 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Interview adalah kesempatan emas bagi kamu yang melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Ini adalah saat yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaikmu. Kamu bisa menunjukkan mengapa kamu cocok untuk posisi ini dan bagaimana pengalamanmu bisa berkontribusi terhadap pekerjaan yang dilamar.

Bagi HRD, interview juga saat penting untuk mengenali calon karyawan, seperti bagaimana mereka menilai kamu dari segi karakter, attitude, wawasan, kemampuan, dan pengalaman. Jangan ragu atau takut, berikut contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate yang bisa kamu pelajari.

“Bisa ceritakan tentang diri kamu?”

Ini adalah contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate yang paling umum dilontarkan. Tujuan utamanya adalah untuk membuatmu rileks sambil menceritakan tentang dirimu kepada HRD. Meski terlihat sederhana, pertanyaan ini sangat penting karena akan menunjukkan karakter dirimu kepada pewawancara. HRD akan tahu siapa dirimu dari jawaban yang diberikan.

Alih-alih menceritakan tentang nama kamu, keluarga, teman, dan hal-hal yang disukai, kamu harus bisa menceritakan tentang latar belakang pendidikan, kegiatan yang diikuti selama kuliah, mengapa mengambil jurusan tertentu, pengalaman magang, dan lain sebagainya. Dengan begitu, rekruiter akan tahu hal-hal apa yang sudah kamu lakukan untuk mengembangkan potensi diri.

“Mengapa melamar untuk posisi ini?”

Contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate yang paling umum ditanyakan berikutnya adalah alasanmu memilih pekerjaan tersebut. Di sini, kamu bisa jujur mengatakan alasannya. Bisa jadi karena memang bidang pekerjaannya sesuai dengan jurusan kuliah dan pengalaman magang yang dimiliki, sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang kamu miliki, atau juga karena kamu menyukai pekerjaan tersebut. Jawablah secara singkat, jelas, dan padat, serta tidak terkesan berlebihan.

“Apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki?”

Ketika ditanya soal kelebihan dan kekurangan, cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan menyampaikan hal-hal yang kamu kuasai serta hal-hal yang selalu kamu ingin ubah menjadi lebih baik. Contohnya, kamu memiliki pengetahuan dan kemampuan yang akan berkontribusi dalam bidang pekerjaan yang dipilih. Kamu adalah orang yang cepat belajar, mampu beradaptasi, dan bisa bekerja sesuai dengan deadline yang diberikan.

Sementara itu, untuk kekurangan, jangan hanya fokus pada hal yang kurang kamu kuasai tanpa memberikan solusi yang kamu lakukan untuk mengubahnya jadi lebih baik. Contoh, kamu orang yang gampang panik ketika ada banyak hal yang harus diselesaikan. Alih-alih berhenti sampai di sini, kamu bisa melanjutkan penjelasan ke cara bagaimana kamu mengatasinya. Katakan pada rekruiter bahwa kamu orang yang gampang panik, tapi kamu selalu mencoba menenangkan diri dan membuat skala prioritas pekerjaan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Baca juga: Gaji atau Jabatan, Mana yang akan Kamu Pilih?

“Mengapa Kami harus Merekrut Kamu?”

Ini adalah pertanyaan interview kerja fresh graduate yang menjebak. Bagi yang tidak tahu, mungkin saja kamu akan menjawabnya dengan alasan butuh pemasukan dan gaji tinggi. Padahal, alasan recruiter menanyakan hal ini untuk mengetahui kemampuan yang paling menonjol dari dirimu dan bisa membedakanmu dengan yang lain. Untuk menjawab pertanyaan ini, coba hubungkan visi misi perusahaan dengan kekuatan dan kemampuanmu.

“Apakah ada pertanyaan?”

Jangan pernah abaikan pertanyaan yang satu ini dengan jawaban “tidak”. Kalau kamu menjawabnya dengan “tidak”, itu menunjukkan bahwa kamu tidak memiliki ketertarikan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Kalau memang kamu tertarik bekerja untuk posisi tertentu di suatu perusahaan, sudah pasti kamu memiliki banyak pertanyaan untuk diajukan. Hal yang paling gampang adalah soal tugas dan tanggung jawab jabatan tersebut di perusahaan.

Pertanyaan ini sebenarnya juga akan digunakan oleh rekruiter untuk menilai keseluruhan karakteristik kamu sebagai pekerja. Dari jawaban yang kamu berikan, mereka bisa tahu apakah kamu serius melamar di posisi ini, apakah sudah melakukan riset terkait posisi yang kamu lamar di perusahaan ini, serta apakah kamu orang yang kritis dan memiliki rasa penasaran yang tinggi.

Beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate di atas hanyalah sedikit dari bermacam pertanyaan yang akan kamu dapatkan dari HRD atau user. Supaya lebih siap menghadapi interview kerja pertama kali, kamu bisa mengakses beragam training dan kelas latihan untuk interview yang ada di website Pintaria. Good luck!

 

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.