Siapa sih yang enggak ingin menjadi sukses? Semua orang tentu ingin mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Jika mendengar kata-kata motivasi maupun membaca buku biografi tentang orang-orang sukses, pasti mereka akan mengatakan “Jadilah orang yang optimis!”. Tapi pada kenyataannya, menjadi seseorang yang optimis itu enggak mudah. Masih banyak sekali orang yang putus asa dan enggak percaya diri karena pernah mengalami kegagalan. Nah, berikut ini Pintaria sudah merangkum 5 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih optimis. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Bersyukur

Bersyukur adalah kunci utama untuk menjadi pribadi yang optimis. Namun, hal yang satu ini masih banyak terabaikan. Padahal dengan bersyukur, kita pun jadi lebih bisa menghargai apa yang sudah kita miliki dan dapatkan. Selain itu, kita pun akan cenderung berpikir positif. Jadi, jangan hanya terfokus pada apa yang orang lain dapatkan atau yang belum kita dapatkan. Bersyukurlah dari hal-hal kecil yang sudah kamu miliki. Misalnya saja seperti kesehatan, pekerjaan, lingkungan yang baik, dan lain sebagainya.

Lakukan kegiatan yang positif

Olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik lho, Pintarian! Dengan berolahraga dan berkeringat, secara enggak langsung kegiatan ini pun akan memperbaiki mood-mu dan membuatmu merasa lebih optimis. Dibanding hanya duduk diam dan merenungkan hal-hal yang membuatmu semakin pesimis, sebaiknya lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif. Selain olahraga, kamu juga bisa melakukan hal lain seperti berkebun, membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

Buang pikiran negatif

Sudut pandang merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi tingkah lakumu sehari-hari. Jika kamu hanya sibuk mengeluh, menyalahkan diri sendiri, dan lain sebagainya, tentu hal ini akan mempengaruhi aktivitasmu. Kamu akan menjadi orang yang enggak produktif karena merasa semuanya akan sia-sia. Oleh sebab itu, untuk menjadi pribadi yang optimis, kamu harus mengubah pola pikirmu. Misalnya jika kamu diberikan tugas oleh atasan, jangan bertanya mengapa kamu yang diberi tugas. Pikirkan saja bahwa kamu adalah orang yang dipercaya oleh atasanmu dan berusahalah untuk menyelesaikannya dengan baik.

Baca juga:6 Rutinitas Untuk Bisa Bekerja Lebih Produktif

Berani untuk bermimpi

Jika kamu ingin menjadi seorang yang optimis, beranilah untuk bermimpi. Namun perlu diingat bahwa semua membutuhkan proses. Jangan mudah berkecil hati dan berputus asa. Walaupun perjalananmu untuk meraih mimpi tersebut terasa sangat sulit, tapi cobalah untuk memulainya dari hal-hal kecil. Dengan begitu kamu akan memiliki progress untuk mencapai sesuatu yang kamu impikan. Kalau kamu sama sekali enggak mencoba karena pesimis, tentu semuanya akan sia-sia.

Apresiasi Diri 

Mengapresiasi diri juga merupakan salah satu hal yang penting untuk kita lakukan. Cara untuk mengapresiasi diri adalah dengan memberi hadiah kepada diri sendiri yang telah melakukan sebuah pencapaian atau kebaikan. Dengan melakukan hal ini, kita pun akan semakin percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Sehingga kita pun akan menjadi seseorang yang optimis.