Momen kelulusan mungkin salah satu yang paling ditunggu dan membahagiakan. Namun, tidak sedikit para fresh graduate yang merasa kebingungan pasca lulus dari perguruan tinggi. Bahkan sampai mendatangkan perasaan tertekan hingga depresi yang juga dikenal dengan nama  Post-University Depression.

Kamu juga jadi merasa malu, tidak berarti dan bingung ingin melakukan apa karena belum mendapat pekerjaan. Nah, kalau kamu sedang mengalami kondisi ini, yuk coba ikuti beberapa tips di bawah ini!

Buat peta rencana tentang goals hidupmu

Saat mengalami kondisi post-university depression, biasanya seseorang akan merasa sedih, marah, atau bahkan merasa bahwa dirinya tidak berguna. Tidak sedikit pula yang kemudian berakhir jadi depresi. Nah, supaya hal ini enggak terjadi, kamu bisa membuat mind map tentang target yang ingin kamu capai. Dalam mind map tersebut, kamu juga bisa membuat struktur kegiatan yang akan kamu lakukan.

Ikut kursus untuk melatih keterampilanmu

Saat masih duduk dibangku kuliah, kamu mungkin lebih banyak dibekali dengan ilmu teori. Akan tetapi, kamu jarang mendapatkan ilmu praktek atau mengerjakan pekerjaan lapangan. Oleh karena itu, kamu bisa mengambil kursus atau pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga. Jika kamu enggan untuk datang ke tempat kursus, kamu bisa mengambil kursus online sehingga kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Hal ini sangat berguna untuk mengasah skill yang kamu miliki sambil menunggu mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Langkah Mudah Bergaul Untuk Kamu yang Introvert

Kontrol diri dalam mencari kerja

Semangat mencari kerja sih boleh-boleh saja. Tapi, jangan sampai ambisimu untuk mendapatkan pekerjaan membuat tenagamu habis dan lupa dengan sekitar. Bisa-bisa kamu justru akan stres lho! Aturlah waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan, lalu luangkan waktumu untuk melakukan sesuatu yang kamu suka untuk mengurangi rasa stres. Atau mungkin, kamu juga bisa meluangkan waktu dengan mempelajari sesuatu yang kamu suka secara otodidak. Misalnya musik, menulis, dan lain sebagainya.

Jangan ragu untuk melakukan pekerjaan sementara

Kebanyakan para fresh graduate lebih terfokus untuk langsung mendapatkan pekerjaan tetap. Padahal tidak ada salahnya kamu mencoba untuk melakukan pekerjaan sementara sambil menunggu kepastian dari lamaran pekerjaanmu. Jangan malu untuk melakukannya. Sebab dari pekerjaan ini, kamu pun bisa mendapatkan pengalaman kerja.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Hal ini cukup sering dialami oleh para fresh graduate. Ketika melihat teman sudah mendapatkan pekerjaan tetap yang bagus, mereka pun akan cenderung membandingkannya dengan diri sendiri. Padahal tentu saja, setiap hal pasti membutuhkan proses. Jadi, berhentilah untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Sebab, hal ini justru akan membuatmu stres dan patah semangat. Tetaplah fokus untuk mengejar target yang sudah kamu buat.