Konsentrasi dalam belajar dibutuhkan agar kita mudah menyerap pengetahuan. Kegagalan berkonsentrasi akan membuat kamu kehilangan banyak waktu dan kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Lima cara ini akan membantu meningkatkan konsentrasi belajar kamu.  

 

Waktu Produktif

Apakah kamu merasa produktif di pagi hari atau justru malam hari? Ini erat kaitannya dengan ritme tubuh. Ada orang-orang yang lebih produktif bila beraktivitas di pagi hari atau bahkan di waktu subuh. Sebagian orang merasa lebih produktif di malam hari atau tengah malam di saat orang-orang terlelap.

Namun ada juga yang belajar disaat waktunya sudah mendesak, hal ini tentunya tidaklah bagus jika selalu terbiasa belajar dengan cara seperti ini. Dengan cara belajar yang seperti ini kamu juga harus mengakali dengan menggunakan tips belajar saat kepepet yang ampuh dengan kemampuan. Dan kenali kapan waktu produktif  kamu dan manfaatkan waktu tersebut untuk belajar.

 

Hindari Potensi Gangguan

Ini ada kaitannya dengan pemanfaatan waktu. Semua orang memiliki waktu yang sama, 24 jam dalam sehari. Tapi tak banyak orang pandai memanfaatkannya dan hanya habis untuk hal-hal yang tidak penting. Pencuri waktu bisa muncul dalam berbagai bentuk. Misalnya terlalu asyik main game, menonton televisi, memantau timeline media sosial atau ngobrol di grup chat.

Bukan berarti kamu tidak boleh melakukan hal-hal tersebut. Bermain atau bersosialisasi tentu perlu. Tapi jadikan itu sebagai selingan atau penyegaran. Jangan sampai menyita sebagian besar waktu belajar kamu. Agar tak terganggu, jauhkan gadget ketika kamu butuh memusatkan perhatian. Percaya deh, bila kamu berkonsentrasi saat belajar, kamu justru akan punya banyak waktu untuk bermain.

 

Jadikan Belajar Sebuah Kebiasaan

Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan akan membuat kita merasa ada yang kurang bila tidak melakukannya. Cara yang paling ampuh dalam menjaga konsentrasi dalam belajar adalah dengan selalu mengulang pelajaran tersebut.

Contoh sederhana bila kamu terbiasa mandi, apa rasanya bila tidak mandi? Atau kamu biasa beribadah pada waktu-waktu tertentu. Bila tidak melakukannya kamu akan dikejar perasaan bersalah atau menyesal karena tidak melakukannya. Demikian pula halnya dengan belajar.

Bila belajar sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, kamu akan terbiasa melakukannya. Mencicil pelajaran jauh lebih efektif ketimbang  sistem kebut semalam, bukan? (Baca juga: sistem belajar murder)

 

Olahraga Secara Teratur

Cara menjaga konsentrasi dalam belajar yang lainnya adalah olahraga secara teratur. Ingat pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan pikirannya yang kuat. Olah raga teratur membuat peredaran darah menjadi lancar, metabolisme tubuh baik, dan tubuh selalu dalam kondisi prima. Bila tubuh sehat, otak akan lebih mudah mencerna informasi. Coba bayangkan rasanya ketika kita terserang flu. Otak menjadi sulit diajak berpikir dan konsentrasi mudah buyar.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Jangan abaikan asupan gizi. Penelitian membuktikan bahwa gizi yang cukup membuat orang lebih cerdas. Kebiasaan mengkonsumsi sarapan juga terbukti bisa meningkatkan konsentrasi. Perut lapar akan membuat kita sulit memusatkan perhatian. Tapi jangan makan hanya asal kenyang atau memanjakan lidah. Banyak mengonsumsi sayur yang mengandung serat, buah-buahan yang kaya vitamin dan protein bukan hanya membantu kamu berkonsentrasi juga terbukti meningkatkan kecerdasan.