4 Teknik Membaca Efektif yang Bisa Kamu Coba

Memiliki hobi membaca, merupakan hal yang sangat bagus dan layak untuk dipertahankan Pintarian. Baik bacaan yang kamu nikmati jenisnya hiburan, berita, atau pelajaran. Memiliki kebiasaan tersebut akan banyak membantumu kelak dalam menambah wawasan.

Akan tetapi,  membaca ternyata memiliki beragam teknik lho agar lebih efektif dan efisien.  Bahkan beberapa diantaranya bisa kamu coba untuk kebutuhan yang berbeda pula. Seperti untuk bisa menamatkan bacaan secara cepat, keperluan tugas atau pekerjaan, atau membaca karena ingin sebatas ingin tahu garis besar atau bagian pentingnya saja.

Yuk simak beberapa jenis teknik membaca yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu yang dilansir dari bacatangerang.com dan tripven.com.

Scanning

Teknik membaca ini menjadikan pembaca melihat bacaannya secara cepat namun tetap teliti. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan fakta atau informasi tertentu.

Pada prosesnya, kamu akan membaca secara cepat dan meloncat-loncat langsung pada bagian yang dirasa penting. Akan tetapi metode ini tetap melibatkan daya kemampuan imajinasi dari pembaca agar tetap bisa memahami isi bacaannya.

Selain itu, kamu tidak diwajibkan untuk membaca seluruh kalimat. Cukup pada kata kunci yang menjadi perhatian. Biasanya teknk ini digunakan orang yang gemar membaca koran atau berita  yang tidak membutuhkan pemahaman yang mendalam.

Baca juga: Punya Banyak Manfaat, Yuk Mulai Rajin Baca Buku

Skimming

Untuk metode atau teknik ini, kamu  akan mengambil ide pokok atau intisari dari apa yang kamu baca . Dengan mendapatkan ide pokok atau hal yang menarik dari apa yang dibaca, maka kamu bisa melanjutkan untuk melakukan proses untuk mengetahuinya lebih mendalam.

Hal yang harus kamu pahami dalam menggunakan teknik ini adalah pola atau proses yang lebih ditekankan pada beberapa hal , seperti mengenali topik buku, mengetahui opini atau pendapat orang mengenai buku atau bacaannya, mendapatkan bagian penting dari bukunya, lalu mengetahui cara berpikir penulis organisasi penulisan, urutan ide pokok, dan lainnya.

Selecting

Teknik membaca ini lebih mengutamakan kebutuhan dari pembacanya. Dan biasanya dilakukan pada saat membaca koran maupun media online. Dimana kamu akan mencari atau membaca hal yang membuatmu tertarik atau ingin tahu.

Selecting atau teknik baca-pilih juga biasanya digunakan oleh pembaca yang ingin mengembangkan tulisannya dengan mencari  informasi serupa untuk semakin mengembangkan tulisan yang sedang ia buat.

Teknik Skipping

Untuk teknik ini,  pembaca biasanya akan mengacuhkan bacaan yang tidak dibutuhkan atau sudah dipahami. Dengan kata lain, jika sudah tidak penting lagi bagi pembacanya atau sudah lebih dulu memahami, maka ia langsung beralih ke bagian lain.

Dan umumnya, teknik skipping banyak digunakan untuk segala macam bacaan, salah satu contohnya saat kamu membaca iklan yang ada di media. Teknik skipping biasa juga disebut dengan baca-lompat.

Pintarian, dengan mengetahui beragam teknik membaca yang telah dijelaskan sebelumnya. Diharapkan kamu bisa lebih meningkatkan level membaca kamu secara lebih efektif dan efisien. Tapi bukan berarti harus mengikutinya yah!

Intinya, saat kamu sudah menjadi budaya membaca menyenangkan dan menjadi kebiasaan. Hal tersebut sudah sangat baik. Dan dengan pemanfaatan atau menggunakan teknik bisa digunakan sebagai pelengkap yang bisa membantumu.

Jangan jadikan teknik yang ada sebagai beban. Selama kamu rajin membaca, apalagi jika bacaan kamu berkualitas dan bermanfaat untuk kehidupanmu, maka kamu sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas dan cerdas.

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.