4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Thanks to internet and technology, saat ini kamu sudah bisa menemukan berbagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Mulai dari yang modalnya minim sampai yang tanpa modal sekali, ada beberapa rekomendasi pekerjaan dari internet yang hasilnya bisa mencapai jutaan rupiah. Apa saja? Yuk, cari tahu langsung di bawah ini!

Menjual stok foto

Hampir semua karya digital memiliki nilai ekonomis. Tidak terkecuali stok foto digital yang mampu menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah. Kalau kamu punya hobi fotografi atau bahkan sudah menjadi seorang fotografer profesional, tidak ada salahnya untuk menjual karyamu dalam bentuk digital ke beberapa situs pihak ketiga yang menyediakan beragam stok foto seperti Shutterstock, Virtual Society, dan 500px.

Website penyedia stok foto ini akan memberikan upah kepada kreator atau pemilik foto setiap kali ada pihak lain yang mengunduh dan menggunakan fotonya untuk bahan konten atau promosi. Setiap foto yang terjual akan dihargai dalam nominal dolar yang jumlahnya berbeda-beda. Kalau kamu pemula, bisa pakai Virtual Society dan 500px yang menawarkan tarif lebih besar. Kalau sudah profesional, bisa main ke Shutterstock.

Baca juga:Langkah Mengubah Hobi kamu Menjadi Peluang Bisnis

Mengikuti kontes desain online

Kamu punya kemampuan desain yang baik dan ingin adu skill dengan desainer lainnya? Beberapa platform desain seperti 99designs, DesignCrowd, dan LogoMyWay sering kali mengadakan kontes desain yang bisa kamu ikuti. Tidak hanya untuk menambah portofolio dan unjuk bakat, mengikuti kontes desain seperti ini juga mendatangkan penghasilan dari internet.

Nominal hadiahnya pun tidak main-main, bisa mencapai US$1000 untuk satu kontes saja. Daftarkan dulu dirimu di platform-platform tersebut. Lalu, pilih kontes desain yang akan diikuti sesuai dengan bidang desain dan kemampuanmu.

Mengikuti program afiliasi

Berikutnya, cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang paling gampang dan tanpa modal sama sekali adalah dengan mengikuti program afiliasi. Simpelnya, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk, di mana kamu akan dibayar dengan komisi untuk tiap produk yang terjual. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena program ini gratis. Justru mereka akan membayarmu untuk tiap produk yang berhasil kamu jual.

Di Indonesia, program afiliasi yang paling terkenal adalah Program Afiliasi Indonesia yang tanpa biaya pendaftaran. Setelah daftar, kamu akan diberikan kode kupon atau banner referral yang harus dibagikan ke orang lain. Tugasmu adalah menyebarkan kode ini ke banyak orang agar semakin banyak yang klik dan menggunakan. Setiap ada satu yang klik atau menggunakan, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah yang sudah disepakati.

Membuat blog

Membuat blog pribadi dari berlangganan hosting termasuk cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang paling gampang. Kamu hanya tinggal bikin blog, lalu mengisinya dengan konten menarik dan bermanfaat agar menarik banyak pengunjung. Lalu, belajarlah cara meningkatkan traffic agar blog tersebut mendapatkan lebih banyak pengunjung lagi.

Jika traffic sudah didapat, kamu bisa menghasilkan uang dengan cara bergabung dengan Google Adsense untuk memasang iklan, membuat sponsored posts dengan pihak lain, dan menempatkan banner afiliasi di blog.

Mudah sekali cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula kalau kamu punya skill dan triknya. Kalau sekarang kamu belum maksimal dalam memanfaatkan internet sebagai ladang untuk menghasilkan pundi-pundi uang, ikuti beberapa kelas dan training di Pintaria tentang cara mendapatkan uang dari internet. Pintaria punya beragam kelas online yang akan menambah skill dan pengetahuan agar kamu bisa memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Pintaria Blog
Upgrade Dirimu Sekarang!
No any image found. Please check it again or try with another instagram account.