Di zaman modern ini, berinvestasi untuk masa depan sudah menjadi prioritas jangka panjang kita semua. Untungnya, variasi yang ditawarkan juga semakin memudahkan kita dalam menentukan pilihan-pilihan yang tepat. Akan tetapi, kalau tidak teliti dalam melakukannya, bisa jadi justru kita malah memetik kerugian besar.

Pintarian pasti pernah mendengar cerita dari teman soal investasi yang gagal kan? Lalu gimana ya cara menentukan investasi yang baik? Berikut ini tiga tips dasarnya:

  1. Tentukan Tujuan

Sebelum mengambil langkah apapun, kita perlu memahami apa sebenarnya yang kita inginkan dan harapan apa yang akan kita jadikan indikator keberhasilan investasi. Tujuannya tentu saja untuk menjadikan tujuan itu sekaligus sebagai motivasi bagi kita dalam menjalankannya.

Dari tujuan ini juga kita bisa menentukan di sektor apakah kita akan berinvestasi serta apakah sektor itu cocok dengan ekspektasi kita ketika memetik hasilnya.

  1. Pahami Risiko

Semua investasi dari yang besar sampai yang individual, pasti ada risikonya. Tapi, sebagai investor, kita wajib memahami detil apa saja risiko yang ada. Seringkali, kejelian orang dalam mengukur besaran risiko ini menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan investasi.

Salah satu aturan tak tertulis soal risiko ini adalah adanya toleransi bagi risiko. Toleransi risiko adalah diterimanya kemungkinan atau kehilangan sebagian pokok dari investasi demi meraih potensi hasil yang diharapkan.

  1. Tentukan Tenggat Waktu

Setelah risiko, yang perlu kita pahami adalah tenggat waktu. Jika kamu memutuskan untuk investasi dalam bentuk reksa dana, misalnya, tenggat waktu bisa beraneka-ragam. Ada yang kurang dari 1 tahun, ada yang 1-3 tahun, ada juga reksa dana saham yang lebih dari 5 tahun.

Tapi, dengan investasi berupa pendidikan, soft skill yang kamu dapatkan cenderung bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, investasi dalam bidang pendidikan kerap menjadi pilihan orang. Kini banyak lho pilihan investasi pendidikan berupa kuliah ataupun kursus online di Pintaria.com

Setelah memahami tiga tips singkat di atas, yuk belajar lebih jauh lagi soal investasi agar bisa merencanakan dengan lebih matang!