Kamu pasti sudah pernah mendengar beragam kepribadian seperti introvert, ekstrovert, dan ambivert. Lalu apakah kamu tahu definisi dan beda antara ketiganya. Dan diantara tiga kepribadian tersebut, mana yang mempresentasikan diri kamu kah?

Bila kamu bingung, Pintaria mau menjelaskan definisi, perbedaan, dan keunikan diantara tiga kepribadian tersebut, karena bisa jadi ternyata kamu memiliki jenis kepribadian yang berbeda dari apa yang kamu kira selama ini.

Dengan begitu, kamu jadi mengenal karakteristik diri kamu sendiri, sehingga kelak bisa memiliki memilih karir atau jurusan kuliah yang sesuai dengan karaktermu.

Introvert

 Secara definisi Introvert adalah seseorang yang memilih dan merasa tenang saat sedang sendiri. Walau tidak menolak untuk berinteraksi dengan satu atau dua orang terdekatnya. Namun, sosok introvert memang mendapatkan momen terbaik dan memulihkan energinya saat sendiri sebagai bentuk refleksi.

Dalam berkomunikasi, seseorang introvert tidak menyukai pembicaraan yang basa-basi, dan lebih memilih percakapan yang lebih berarti.  

Berikut ciri-cirinya:

Memilih kerja sendiri, hal ini akan kamu rasakan saat berada di situasi yang memaksa kamu untuk bekerja secara kelompok, dimana lebih merasa fokus dan tenang jika bekerja sendiri.

Mawas diri dan ingin tahu, sebelum melakukan sesuatu. Seorang introvert memilih untuk memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

Lebih suka menulis daripada berbicara, dalam menuangkan apa yang ia pikirkan seorang introvert lebih memilih menunjukannya melalui tulisan daripada lisan.

Baca juga:

Ekstrovert

Seseorang yang ekstrovert sering dikatakan sebagai sosok yang mudah bergaul dan tertarik dengan interaksi sosial. Dengan berada di situasi yang ramai atau padat memingkinkan orang yang memiliki jenis kepribadian ini merasa senang dan puas.

Berikut ciri-cirinya:5 Jenis Teman yang Bisa Bikin Kamu Sukses

Tidak suka menyendiri dan menyukai keramaian, ekstrovert lebih merasa nyaman saat berkumpul dalam kelompok besar. Bahkan tidak segan untuk menjadi ketua kelompok kerja atau hal lainnya.

Memiliki banyak teman, dengan kesenangannya untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang. Memungkinkannya untuk kenal dan berteman dengan banyak orang.

Tidak takut dengan risiko, pribadi yang ekstrovert tidak segan mengambil keputusan dan tindakan yang berisiko. Jika keberhasilan didapatkan, maka bisa memberikan kepuasan yang membanggakan.  

Ambivert

Jika kamu sosok yang bisa beradaptasi dengan keduanya. Maka bisa jadi, kamu termasuk pribadi yang ambivert, dimana akan mampu berubah menjadi introvert atau ekstrovert tergantung situasi.

Berikut ciri-cirinya:

Pendengar yang baik, menjadi seorang ambivert, maka kamu bisa mengerti kapan waktu yang tepat untuk mendengarkan dan kapan waktu untuk berbicara.

Bisa Mengatur perilaku, karena ambivert bisa menyesuaikan perilakunya sesuai dengan lingkungan dan sekelilingnya.

Memiliki empati yang tinggi, Bila ada teman yang mengalami masalah. Pribadi ambivert bisa memahami dan memberikan masukan dan solusi untuk menyelesaikannya.