Bertani Pintar: Tingkatkan Produksi Anda!

Bagikan :

Deskripsi

PERHATIAN!

  1. Pembelian dengan Kartu Prakerja tidak dapat dipindahtangankan dan hanya bisa digunakan oleh pemegang kartu prakerja. Apabila dipindahtangankan, dapat berakibat tidak dikeluarkannya sertifikat dan/atau tidak dibayarkannya insentif dari pemerintah.
  2. Jika Anda pengguna Kartu Prakerja, harap gunakan nama, alamat email dan nomor HP yg Anda gunakan ketika mendaftar kartu prakerja.

 

Mengapa Penting Untuk Mengikuti Program ini?

Konsumen saat ini semakin memperhatikan aspek kualitas produk sebelum mereka membeli makanan. Oleh karena itu, sangat penting bagi petani untuk menjaga kualitas produksi pangan mereka dengan praktik budidaya berkelanjutan (Good Agricultural Practice, atau GAP). GAP adalah seperangkat prinsip dan rekomendasi teknis pertanian untuk proses penanaman, produksi, pemrosesan, termasuk juga kesehatan manusia.

 

Program ini penting karena memberikan pengetahuan dan pemahamanan mengenai cara dan teknik bertani mulai dari persiapan hingga panen, serta upaya-upaya untuk menghindari kegagalan panen. Program ini menitikberatkan pada cara dan teknik bertani yang bersifat inovatif untuk menghasilkan produksi pertanian yang berkualitas

 

Apa yang akan kamu dapatkan dari Program ini?

Peserta akan mendapatkan pengenalan dasar-dasar praktek budidaya berkelanjutan (GAP), serta tips and trik bertani yang inovatif untuk mendapatkan hasil yang optimal. Modul-modul telah dikurasi mencakup satu siklus penanam: dari pembenihan, pembibitan, penanaman, pemupukan, perlindungan tanaman, irigasi dan panen.

 

Peserta:

Seluruh peserta yang memiliki minat untuk memahami cara dan teknik bertani dalam sektor pertanian, terutama peserta yang berprofesi sebagai petani. Bagi kamu yang penasaran dengan praktik budidaya berkelanjutan, kamu bisa mengambil modul ini, agar kamu bisa mendapatkan kiat-kiat sukses dalam meningkatkan produksi.


Modul Pelatihan: 

  1. Pengetahuan Dasar, Pengenalan dasar-dasar Praktek Budidaya Berkelanjutan, dan pengubahan pola pikir peserta dari  "pasif dan konvensional" menjadi "aktif dan inovatif"
  2. Lahan dan Media Tanam, Lokasi lahan usaha, persiapan lahan dan media tanam
  3. Benih, Mutu benih dan perlakuan benih
  4. Pembibitan
    Pengetahuan mutu bibit dan perlakuan bibit, dan teknik-teknik pembibitan yang dapat diterapkan
             
  5. Penanaman, Pengetahuan mengenai tata cara tanam, musim tanam, dan pengenalan teknologi tanam yang dapat diimplementasikan oleh petani
  6. Pemeliharaan, Pengetahuan mengenai Prosedur Operasional Standar (SOP) pemeliharaan tanaman 
  7. Pemupukan, Rekomendasi jenis, jumlah dan waktu pemupukan kemudian aplikasi pemupukan (organik dan anorganik) serta penyimpanan pupuk
  8. Perlindungan Tanaman, Prinsip perlindungan tanaman, pestisida, penggunaan pestisida, pemeliharaan alat perlindungan, penyimpanan pestisida serta pembuangan sisa pestisida dan bekas kemasan. 
  9. Irigasi/Fertigasi, Pengenalan mengenai pentingnya irigasi, pengetahuan tentang ragam jenis teknologi irigasi, dan praktik pengairan umum
  10. Panen, Pedoman dalam menghadapi masa pra-panen, panen, dan pasca panen, peningkatan kualitas panen, pengetahuan mengenai jenis teknologi panen.

 

Fitur yang akan kamu dapatkan? 

  • Digital content material: Peserta bisa mengakses material belajar digital
  • Sertifikat penyelesaian: Peserta yang telah menyelesaikan semua kegiatan pembelajaran yang dipersyaratkan dalam kursus online akan menerima Sertifikat Penyelesaian (Certificate of Completion)
  • Tes/Evaluasi: tersedia
  • Forum diskusi: tidak tersedia
  • Live online session: tidak tersedia
  • Offline meet-up: tidak tersedia

Penyelenggara

Dattabot

We Unlock the Value in Your Data

Dattabot, sebelumnya dikenal sebagai Mediatrac, adalah perusahan big data analysis di Indonesia dengan fokus kepada integrasi data. Didukung oleh teknologi analitik yang paling maju d


Instruktur

Suhariyanto Putra, S.PSI

Instructor

Suhariyanto Putra, S.PSI merupakan trainer, fasilitator, dan aktivis gerakan sosial dan pendidikan. Sekarang ini,  Suhar dipercaya sebagai Human Capital Manager di perusahaan big data Dattabot dan agritech HARA. Pria lulusan Universitas Paramadina dengan predikat Magna Cumlaude ini memiliki segudang pengalaman dalam pengembangan sumber daya. Kecintaannya pada sektor pertanian membuat Suhariyanto ingin membantu para petani Indonesia mengembangkan hasil produksinya.

 

Jajang Jaelani merupakan Business Strategic Operations Officer di perusahaan startup pertanian berbasis teknologi HARA. Pria lulusan Institut Pertanian Bogor ini sebelumnya sempat mengabdi menjadi Pengajar Muda dalam program Indonesia Mengajar.  Kecintaan yang besar terhadap sektor pertanian dan pengembangan masyarakat, membuat cita-citanya mengembangkan komunitas-komunitas petani yang ada di Indonesia.

Winda merupakan Field Officer di perusahaan startup pertanian berbasis teknologi HARA. Dalam keseharian, wanita lulusan Sarjana Penyuluhan & Komunikasi Pertanian ini berinteraksi dengan petani-petani di pedesaan.  Winda memiliki pengalaman bekerja di Bappeda Jatim, UNS, dan Bisnis Indonesia dan bercita-cita untuk membuka usaha di bidang pertanian (Kios Tani).


Ulasan

4.7
284 Ulasan
5 stars
4 stars
3 stars
2 stars
1 stars

WW

Widiarto – 30 Mei 2020, 06:23 WIB:

Sangat bermanfaat belajar bertani dan bercocok tanam terimakasih pintaria

RS

Rudi Santoso – 30 Mei 2020, 02:15 WIB:

pelatihannya bagus, banyak hal2 yg baru ato mungkin terlupakan dan kurang diperhatikan dalam proses bercocok tanam para petani kita umumnya- seperti saya, ha ha. Namun apabila pelatihan ini diterapkan dg baik dan benar tentunya akan memberikan hasil/manfaat ataupun kwalitas produksi yg maksimal.... very good

FP

Fhika Awalya Pertiwi – 29 Mei 2020, 16:03 WIB:

Materi dari kelas ini menjelaskan tentang masalah yang dihadapi dalam pertanian beserta solusinya dengan cukup baik. Kelas ini sangat membantu saya untuk memulai bertani dan mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Terimakasih atas ilmu yang sangat bermanfaat.

MM

Muliadi – 29 Mei 2020, 15:27 WIB:

Terinah kasih atas ilmunya, sukses selalu

AA

adhe afriani – 29 Mei 2020, 13:03 WIB:

Kelasnya bagus, penjelasan materinya jelas dan mudah di mengerti

×